RSS Feed

-persamaan dan pertidaksamaan- antara kreatif dan inovasi

Creative and Innovation adalah dua kata yang selalu bertautan. Dimana ada kreatif,pasti ada embel-embel inovatifnya. Semacam dimana ada gula pasti ada semut. Ya emang rada gak nyambung. Tapi kan ini blog,bebas bersuara,gak ada salah apa benar. HAHA

Suatu saat di lorong SBM,

Lo sekarang IBE megang divisi apa?” –  “Ohh,gw PIC nya divisi Creative and Innovation”

Suatu saat di payung SBM,

Lo ambil matkul apa semester depan ?” – “Gw ambil matkul Creative and Innovation ahh,dosennya funky trus tutornya gaul” *ya ini agak menjilat sedikit lah boleh,nyahahhaha….

 

tapi tapi… emang apa sih itu Creative and Innovation ? sama gak sih ? apa ada bedanya ?

kalau persamaannya,jelas kedua hal ini sama-sama berhulu ke generating ideas or creating something unique. Dan,ini juga merupakan keterampilan yang paling dibutuhkan oleh seorang entrepreneur.

The basic differences between Creativity and innovation itu terdapat pada uraian dibawah ini..

Creativity = the pure generation of new ideas.

Kemampuan untuk membuat perbedaan. Orang yang kreatif adalah orang yang melihat hal yang sama tapi berpikir dengan cara yang berbeda. Kreativitas menghasilkan perbedaan dan orang yang kreatif bisa stand out of the crowd, tampil diantara kerumunan orang. Perbedaan membuat peluang baru terbuka.

Innovation = the implementation of any idea.

Kemampuan untuk menemukan nilai komersil dari kreativitas. Inovasi membuat kreativitas tidak cukup untuk meraih sukses. Kreatif hanya membuat perbedaan, inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komersil.

Jadi sebenernya,inovasi itu adalah bentuk pengembangan dari sebuah kreatifitas. Lebih susah dan lebih ada added value nya. Nah,mulai sekarang,jangan cuma ngaku “eh gw kreatif banget deh”.. ahh itu basi,so last year. Diganti biar kedengeran lebih keren dan berwawasan jadi “gw itu gak cuma sekedar kreatif,tapi inovatif juga”. yaaa yaaa…

‘Kreativitas’ tidak jalan ajaib untuk pertumbuhan bisnis dan kemakmuran yang sangat melimpah diklaim hari ini … Mereka yang memuji kebaikan membebaskan kreativitas perusahaan … cenderung mengacaukan mendapatkan ide-ide dengan implementasi mereka – yaitu, bingung kreativitas dalam abstrak dengan inovasi praktis.
(Theodore Levitt, ‘Creativity Is Not Enough’ (1963)) (Theodore Levitt, “Apakah Kreativitas Tidak Cukup ‘(1963))

 

 


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: