RSS Feed

Tele-SMART-vision Business Model

Hello hello… Postingan saya kali ini sedikit agak serius dan bermutu yah (lohh,jadi yg sblm2nya gak bermutu?..haha)

Kali ini saya akan mengutarakan salah satu ide kreatif business model karya saya sendiri. Business model ini sungguh masterpiece. Sebelum saya jelaskan secara detail,nih di cekidot dulu gan video dibawah ini,ini juga video aseleee buah karya saya loh…. Brilian bukan ? haha

Menurut Wikipedia,

Televisi adalah sebuah mediatelekomunikasi terkenal sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (“hitam putih”) maupun warna, “Televisi” juga dapat diartikan sebagai kotak televisi, acara televisi atau transmisi televisi. Kata “televisi” merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, “jauh”) dari bahasa Yunani dan visio (“penglihatan”) dari bahasa Latin. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai telekomunikasi yang dapat dilihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia ‘televisi’ secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi.

Tele-SMART-vision ini apa?

Tele-SMART-vision ini merupakan sebuah inovasi yang menggabungkan fungsi televisi pada umumnya dan dikombinasikan dengan fitur download real time.

Apa latar belakang ide ini bisa muncul ?

Ide ini muncul ketika saya sedang berada di rumah. Adik-adik saya adalah penggemar setia sinetron yang tiada akhir “Putri yang Ditukar”. haha. Tidak satu episode pun yang tidak mereka tonton. Mereka rela menunda makan malam demi menonton sinetron kesayangannya itu. Sampai pada suatu hari,keluarga saya harus menghadiri acara di luar rumah dan semua anggota wajib ikut. Mereka sangat kesal krn pada episode malam itu akan ditentukan lah nasib dari sang lakon utama yaitu Pak Prabu.haha. Kesian sih saya sm mereka. Jalan-jalannya jadi gak enjoy karena pikirannya ke sinetron itu.

berdasarkan fenomena gaib ini,tercetuslah ide ini dari saya,untuk membuat pengembangan fitur pada televisi dengan kemudahan men-download acara yang televisi siarkan.

Bagaimana cara kerjanya?

Sederhana saja,televisi ini akan bekerja sesuai dengan fungsi awalnya,namun kini dilengkapi dengan download button. Tombol inilah yang berperan penting,karena tayangan yang kita inginkan akan terdownload jika kita push download button. Output yang dihasilkan adalah kepingan DVD yang berasal dari receiver tele-SMART-vision. Pada bagian menu,tersedia jadwal dari tayangan televisi hingga 24 jam dan selalu update. Sehingga hal ini mempermudahkan kita untuk memilih tayangan mana yg akan di download. Kita tidak harus standby di depan televisi saat proses download berlangsung,karena televisi ini memiliki sistem booking pada bagian menu dan jadwal tersebut.

Download identik dengan isu piracy, bagaimana dengan tele-SMART-vision ini?

Televisi ini akan dilengkapi dengan sistem card and debit payment. Jadi di pojok receiver,akan ada sebuah tempat untuk menggesekkan credit card atau debit card. Jadi saat kita melakukan booking pada tayangan televisi yang ingin kita download,step selanjutnya adalah kita diminta untuk membayar sejumlah uang yang merupakan fee dari royalti untuk para pembuat karyanya. Sehingga tele-SMART-vision sudah mengantisipasi isu piracy.

Dan,begitulah kira2 business model Tele-SMART-vision ini dari saya.

Zalam Zuper

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: