RSS Feed

Kain Tenun Pandai Sikek Mendunia

Pada tugas akhir mata kuliah Creative and Innovation ini,saya memilih Tenun Songket Pandai Sikek sebagai local Indonesia company yang sudah siap bersaing di kancah internasional.

Mengapa Tenun Pandai Sikek ?

Tenun Pandai Sikek merupakan sebuah mahakarya anak bangsa yang berasal dari Sumatera Barat, spesifiknya di Kabupaten Tanah Datar, tepatnya di Kecamatan Sepuluh Koto. Tenun ini menjadi salah satu identitas bangsa disamping kain batik.

Tidak ada sejarah yang pasti tentang kapan tenun songket mulai dikembangkan di Minangkabau atau di Pandai Sikek. Akan tetapi kepandaian menenun tetuntulah sudah dibawa oleh nenek moyang kita bangsa Austronesia atau yang disebut juga Malayo-Polynesia, dari Tanah Asal, ketika terjadi migrasi besar-besaran penduduk dari daratan Asia ke arah selatan dan tumur beberapa ribu tahun yang lalu.

  Adat istiadat di Minangkabau telah mendorong kegiatan dalam perkembangan pertenunan lebih jauh lagi, karena pada setiap kesempatan upacara adat, kain tenun selalu wajib dipakai dan dihadirkan. Kata-kata adat dinukilkan di dalam nama-nama motif sehingga menjadi buah  bibir dan diucapkan setiap saat. Kain tenun menjadi pakaian raja-raja, datuk-datuk dan puti-puti.

  Kain tenun ini masih bertahan hingga detik ini. Seiring dengan perkembangan budaya, kain tenun ini dikembangkan untuk dipadu padankan dengan berbagai perangkat fashion.

Keunikan yang menonjolkan identitas bangsa inilah yang membuat saya yakin bahwa sudah waktunya Tenun Pandai Sikek mendapat perhatian lebih di dunia internasional. Disamping itu,fashion industry merupakan bidang usaha yang sangat prospektif dan tidak pernah kehabisan customernya. Untuk masuk dan bertahan di industri ini,kreatifitas dan inovasi adalah salah satu modal utama. Pada dasarnya,kita tidak perlu lagi mengkhawatirkan anak bangsa ini untuk masalah tersebut,karena malaikat juga tahu orang Indonesia sangat kreatif dan penuh inovasi. yeah !

Business Model for Kain Tenun Pandai Sikek



Value Preposition

Hand-made product yang merupakan mahakarya asli anak bangsa yang memberikan kain tenun berkualitas nomer satu. Dengan keunikan pada motif tenunnya membuat kain ini menjadi menarik dan produk yang tidak dapat ditemukan di negara lain. The real Indonesian heritage !

Customer

  • Customer Relationship

Dalam rangka untuk menembus pasar internasional,Tenun Pandai Sikek dapat melakukan dua hal yang dilakukan pada umumnya oleh fashion store untuk entry ke pasar yg lebih luas.

  1. Membership card.  Dengan membership card ini,Tenun Pandai Sikek dapat memberi discount kepada pelanggan setianya. Karena berdasarkan customer behaviour, ini merupakan trik yang sangat menarik. Atau memberikan mereka informasi terlebih dahulu terhadap produk yg akan keluar. Loyalitas customer dapat membantu pengembangan Tenun Pandai Sikek ini.
  2. Online store. Untuk memfasilitasi customer yang berada di luar Sumatera Barat,hal ini sangat efektif,terutama untuk customer dari luar negeri.
  • Customer Segment

Umumnya,yg menggunakan kain tenun ini adalah wanita. Namun,kini kaum pria dapat menggunakan kain tenun ini juga untuk menghadiri acara-acara formal. Segment dari customer kain tenun ini adalah high fashion adult. High fashion tidak hanya fokus kepada gaya yang modern. Mindset kain tenun yg old fashion harus diubah karena pada kenyataannya kain tenun kini dapat dimodifikasi dan bersaing dengan fashion terbaru saat ini.

  • Distribution Channel

Dalam rangka merambah pasar internasional,Pandai Sikek membutuhkan kerjasama dengan berbagai perusahaan luar sebagai mitra bisnisnya. Atau,mereka harus memiliki link untuk memasarkan Pandai Sikek di event-event internasional.

Eco System

  • Core Capabilities

Memberikan kain tenun kualitas nomer satu yang memiliki berbagai macam motif yg unik dan tidak biasa dan merupakan identitas warisan budaya bangsa. Motif-motif kain tenun Pandai Sikek ini selalu diambil dari contoh kain-kain tua yang masih tersimpan dengan baik dan sering dipakai sebagai pakaian pada upacara-upacara adat dan untuk fungsi lain dalam lingkup upacara adat, misalnya sebagai tando dan dipajang juga pada waktu batagak (mendirikan) rumah. Motif-motif tenun Pandai Sikek diyakini sebagai motif asli pada kain-kain tenunan perempuan-perempuan Pandai Sikek pada zaman lampau.

  • Partner Network

Partner utama dari Tenun Pandai Sikek ini,dalam usaha perluasan pasar ke mancanegara adalah butik-butik retailer terkemuka.Di samping itu, peran media juga mampu membantu pemasaran dari Pandai Sikek. Dan tentunya tidak lupa dengan media yg menyelenggarakan event baik skop nasional maupun dunia.

Saat ini  Pandai Sikek telah dikenal diseluruh wilayah nusantara dan Asia bahkan sampai ke Eropa, Afrika dan Amerika. Ketenaran ini tidak terlepas dari peran para turis asing (manca negara) yang selalu membeli hasil kerajinan songket Pandai Sikek sebagi cendramata untuk dibawa pulang ke negara mereka masing-masing. Hal ini berlangsung terus menerus, sehingga Songket Pandaisikek kian hari kian di kenal masyarakat Internasional. Imbas positif dari siklus ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat pandaisikek sendiri, melainkan telah membantu peningkatan Pendapatan asli daerah (PAD) Propinsi Sumatera Barat baik disektor perdagangan maupun sektor wisata.

  • Key Resources

Para penenun dan pengrajin Pandai Sikek merupakan aset besar yang harus tetap dilestarikan. Saat ini,mayoritas pengrajin Pandai Sikek adalah orang-orang yg tua. Regenerasi pengrajin harus segera dilakukan untuk mempertahankan warisan nenek moyang ini.

Cost Structure

  1. Production Cost : untuk memproduksi kain tenun dan membayar para pengrajinnya.
  2. Distribution Cost : untuk biaya pendistribusian tenun itu sendiri mulai dari pengiriman, perizinan, bea cukai, hingga ke handling & warranty.
  3. Promotion Cost : untuk biaya memasarkan dan sounding akan produk ini.

Revenue Streams

Kesejahteraan Pandai Sikek dan pengrajinnya tentu berdampak jika Tenun Pandai Sikek dapat menembus pasar internasional. Selain itu,perluasan pasar ini juga membantu peningkatan Pendapatan asli daerah (PAD) Propinsi Sumatera Barat baik disektor perdagangan maupun sektor wisata.

Conclusion

Bukan tidak mungkin,sebuah usaha rumah merambah menjadi usaha berskala internasional. Dengan plan dan business model yang tepat dan tentunya modal dasar kreatifitas dan keunikan Tenun Pandai Sikek,usaha ini dapat mendunia. Akan banyak pihak yang diuntungkan karena perluasan pasar ini, dan yg paling utama kita bangsa Indonesia harus belajar dr kesalahan,jgn sampai Tenun Pandai Sikek ini di claim pihak lain dulu baru diberikan perhatian.

Tambahan lain : ada perasaan yg sangat menyenangkan jika menulis sesuatu ttg warisan budaya dari tanah kelahiran sendiri. hehehhe #gaknyambungsih

Maju terus,Pandai Sikek !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: